Minggu, 17 Juni 2012

MAIL MERGE


Mail Merge pada Open Office 3.3

Membuat Surat Bisnis

Kita bisa memanfaatkan fasilitas Mail Merge untuk pembuatan surat bisnis, surat penawaran, surat undangan, proposal, dan surat-surat lainnya yang hendak kita kirimkan kepada lebih dari satu orang. Marilah kita coba membuatnya berdasarkan langkah-langkah dibawah ini: 

1. Buatlah satu surat penawaran,
2. Siapkan daftar Nama Perusahaan yang hendak kita kirimkan surat penawaran.
    Buatlah daftarnya di dalam satu file Calc, simpan .
3. Kembali ke file surat penawaran, klik menu Tools  pilih Mail Merge Wizard. 
    Pada Select Starting Document, pilih Use the current document, next.
    Select dokumen type, pilih Letter, next
4. Pada step yang ke-3, yakni Insert Address Block, lalu klik Select Different Address List.
5. Klik OK, lalu klik Cancel.
6. Klik menu View pilih Data Source kemudian klik kiri pada text alamat, lalu pilih Tables pilih Sheet1.
    Klik tombol Add, lalu pilih filenya yang sudah dibuat pada langkah no.2. 
7. Klik & Drag nama kolomnya ke line dibawah “Kepada Yth:”, dan lain2nya
8. Untuk melihat hasilnya, klik menu Tools pilih Mail Merge Wizard. Klik Save, Print or Send.
    lalu setelah proses finish, klik tombol Save Starting Document, lalu klik tombol Finish.
9. Untuk mencetak surat ini ke printer, pilih File pilih Print.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar